Tips Obati Gusi Bengkak

Tips Obati Gusi Bengkak Karena Pakai Kawat Gigi

Tips Obati Gusi Bengkak – Kawat gigi alias behel dipasang untuk merapikan dan memperbaiki gigi yang berantakan atau rahang yang tidak selaras. Akan tetapi, banyak yang mengeluhkan gusi bengkak karena pasang behel. Nah, bagaimana, ya, mengobati gusi yang bengkak karena pakai behel?

Tips obati gusi bengkak karena pakai behel

Jika Anda baru pasang behel, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman, sakit, dan kesulitan mengunyah. Tidak sampai di situ, biasanya gusi juga akan bengkak karena pakai behel.

Sebenarnya, hal ini wajar karena Anda sedang beradaptasi dengan adanya alat baru di mulut. Namun, jika dibiarkan justru akan menyebabkan iritasi atau masalah mulut yang lebih besar. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gusi yang bengkak karena pakai behel.

  • Pakai sikat gigi yang lembut

Jika Anda pakai behel, pilih sikat gigi yang lembut dan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Biasanya, jenis sikat gigi yang disarankan yaitu sikat gigi interdental. Sikat gigi interdental lebih efektif membersihkan Plak Gigi yang menempel.

Nah, tips obati gusi bengkak karena pengunaan behel. Pasalnya, dengan rajin menyikat gigi dengan sikat yang lembut, maka tidak akan ada plak atau kotoran yang menumpuk. Setelah menyikat gigi, gunakan obat kumur antibakteri atau air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

  • Kompres mulut dengan es batu

Salah satu cara yang paling sederhana untuk mengatasi gusi bengkak adalah memakai kompres es batu pada mulut bagian luar atau meminum air dingin juga dapat mengurangi rasa sakit pada mulut dan mengurangi pembengkakan.

  • Hindari aktivitas yang bisa mengiritasi kawat gigi

Selain plak, iritasi dari kawat gigi terkadang juga membuat rasa sakit tersebut muncul. Nah untuk mengatasi gusi sakit dan bengkak karena behel, hindari mengunyah makanan yang terlalu keras, mengigit kuku atau tutup pulpen. Kurangi konsumsi tembakau karena untuk mengobati gusi yang bengkak.

  • Mengurangi konsumsi gula

Penggunaan behel juga harus disertai dengan diet yang seimbang. Mengapa? Salah satu penyebab gusi bengkak adalah menumpuknya plak gigi dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, seperti popcorn, permen karet, dan makanan yang mudah lengket di gigi. Oleh karena itu, kurangi konsumsi gula untuk mengobati gusi yang bengkak.

Intinya menjaga kebersihan gigi adalah hal yang sangat penting baik untuk pemakai kawat gigi atau tidak. Selain penggunaan behel, penumpukan plak gigi juga menyebabkan gusi yang membengkak. Oleh karena itu, ingat untuk membersihkan gigi Anda minimal dua kali sehari untuk mengatasi pembengkakan gusi.

Akan tetapi, jika pembengkakan pada gusi masih tidak ada perubahan walaupun telah mencoba tips-tips di atas, segera konsultasikan kepada dokter gigi atau spesialis ortodonti Anda agar mendapat saran untuk mengetahui pencegahan dan pengobatan apa yang dapat dilakukan untuk mengobati gusi yang bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *