Fakta Tanaman Bajakah

Fakta Tanaman Bajakah, Penyembuh Kanker dari Hutan Kalimantan

Fakta Tanaman Bajakah – Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman bajakah? Tanaman asal Kalimantan yang belakangan viral ini diklaim dapat menyembuhkan kanker. Tanaman bajakah yang banyak tumbuh di hutan Kalimantan ini memang memiliki berbagai kandungan fitokimia yang dapat bertindak sebagai antioksidan.

Apa Itu Tumbuhan Bajakah?

Tanaman bajakah belakangan mulai viral berkat 3 siswa SMAN 2 Palangkaraya yang melakukan penelitian dan menemukan bahwa tanaman tersebut dapat menjadi obat kanker. Penelitian pada tanaman bajakah oleh 3 siswa SMAN 2 Palangkaraya bersama guru pembimbingnya ini sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 2018.

Mei 2019 lalu, karya ilmiah tentang tanaman bajakah ini dilombakan di Bandung, tepatnya di Universitas Pendidikan Indonesia, dan berhasil meraih medali emas. Setelah mendapatkan juara nasional, karya ilmiah tentang tanaman bajakah ini kembali di lombakan, tapi kali ini di taraf internasional.

Hasilnya tidak kalah membanggakan, Juli 2019 lalu, karya ilmiah tentang tanaman bajakah ini mendapatkan medali emas dalam ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan.

Tanaman bajakah sendiri merupakan tanaman yang banyak ditemukan di hutan Kalimantan. Pohon bajakah termasuk jenis tanaman merambat, namun memiliki batang yang cukup besar dan kuat. Ketinggian pohon bajakah dapat mencapai 5 meter atau mencapai puncak dari pohon yang dirambatinya.

Bajakah banyak tumbuh di tanah gambut dan penampakannya sering kali mirip dengan banyak tanaman lain di hutan sehingga sulit untuk membedakannya. Umumnya tanaman bajakah banyak ditemukan di bagian hutan yang tumbuh dan hanya sedikit terkena cahaya matahari.

Keberadaannya di hutan belantara membuat pohon bajakah sering dianggap sebagai pohon mistis. Meskipun dianggap mistis, tapi pohon ini juga dimanfaatkan sebagai obat kanker tradisional oleh Suku Dayak.

Penelitian pada tanaman bajakah juga awalnya didasari oleh kepercayaan masyarakat tentang tanaman bajakah yang bisa menyembuhkan kanker.

Kandungan Tanaman Bajakah

Fakta bahwa tanaman bajakah dapat menyembuhkan kanker tentunya tidak terlepas dengan berbagai kandungan fitokimia atau fitonutrien yang ada di dalamnya. Menurut penelitian yang telah dilakukan, tanaman bajakah memiliki kandungan kurang lebih 40 senyawa yang dapat membantu menyembuhkan kanker.

Beberapa kandungan Fitokimia utama dalam batang dan akar tanaman bajakah antara lain seperti saponin, terpenoid, flavonoid, tanin, steroid, dan fenol. Semua senyawa ini dapat bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Berikut adalah berbagai manfaat antioksidan:

  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • Menjaga kemampuan kognitif
  • Mencegah kanker
  • Mencegah dan melawan kanker
  • Meningkatkan kerja organ tubuh
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Mencegah penuaan dini

Tanaman bajakah sendiri diklaim memiliki kandungan antioksidan yang jumlahnya jauh lebih banyak dari tanaman lain. Namun untuk membuktikan efektivitas tanaman bajakah sebagai obat kanker, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Penelitian yang belakangan dilakukan menggunakan mencit atau tikus putih untuk uji coba dan belum dilakukan penelitian langsung terhadap manusia. Meskipun penelitian pada hewan sering kali mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda pada manusia, tapi tetap harus dilakukan penelitian lanjutan sebelum menjadikan pohon bajakah sebagai obat untuk kanker.

Tanaman Penyembuh Kanker yang Dipercaya Masyarakat

Selain tanaman bajakah, pada dasarnya banyak juga tanaman lain yang sering kali disebut-sebut sebagai tanaman penyembuh kanker atau pereda kanker. Umumnya tanaman-tanaman tersebut memang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi setelah diteliti.

Beberapa tanaman yang sering disebut dapat menjadi obat kanker atau dapat meringankan kanker yang dipercaya masyarakat adalah seperti:

  • Daun sirsak
  • Bawang putih
  • Kunyit
  • Teh hijau
  • Mahkota dewa
  • Kulit manggis
  • Mengkudu
  • Keladi tikus

Selain tanaman di atas, masih banyak lagi tanaman yang dianggap dapat mencegah dan meringankan kanker. Beberapa tanaman memang sudah diteliti dan ditemukan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, namun tentunya hal ini tidak dapat menjadi bukti yang cukup bahwa tanaman tersebut dapat melawan kanker.

Sebelum menggunakan tanaman herbal untuk pengobatan, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulun dengan dokter. Sama halnya dengan obat medis, obat herbal juga berpotensi menimbulkan efek samping, sehingga penggunaannya juga harus dilakukan secara hati-hati.

Sekian informasi tentang tanaman bajakah sebagai tanaman penyembuh kanker. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *