Cara Mengatasi Heartburn

Cara Mengatasi Heartburn yang Sering Kambuh Pada Malam Hari

Cara Mengatasi Heartburn – Pernahkah Anda di tengah tidur merasa sakit dan ada sensasi panas di area ulu hati? Bisa jadi, Anda mengalami heartburn. Heartburn adalah sensasi nyeri pada area dada dan perut bagian atas akibat naiknya asam lambung. Rasa nyeri ini dapat bertambah buruk saat Anda tertidur. Pasalnya, posisi berbaring tidak memungkinkan gravitasi untuk mempertahankan asam lambung, makanan yang telah dicerna, serta cairan empedu dalam lambung Anda. Agar kualitas tidur tidak menurun, berikut adalah ragam cara mengatasi heartburn yang terjadi pada malam hari.

Cara mengatasi heartburn jika terjadi pada malam hari

Hampir semua orang yang memiliki masalah pencernaan dengan gejala berupa heartburn akan mengalami sensasi nyeri dada dan perut pada malam hari. Kondisi yang disebut juga sebagai nighttime heartburn ini dapat terjadi sebanyak satu kali seminggu, atau bahkan lebih.

Bila dibiarkan, sensasi nyeri akibat heartburn dapat mengganggu tidur Anda. Meski demikian, ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

  • Menghindari pemicu heartburn

Cara terbaik mengatasi heartburn pada malam hari adalah dengan menghindari pemicunya. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu heartburn sehingga konsumsinya perlu dibatasi untuk menurunkan risiko naiknya asam lambung. Makanan dan minuman tersebut di antaranya:

  1. Hidangan pedas
  2. Makanan bersifat asam, termasuk buah-buahan sitrus dan hidangan yang mengandung cuka
  3. Makanan berminyak dan junk food
  4. Minuman beralkohol, berkafein, atau bersoda
  5. Pemicu heartburn lainnya seperti cokelat, mint, bawang, serta berbagai jenis saus kemasan
  • Atur porsi dan jadwal makan sebelum tidur

Proses pencernaan dalam lambung dapat memakan waktu hingga beberapa jam. Selama itu pula, asam lambung bekerja untuk mencerna makanan. Asam lambung dapat naik sehingga mengakibatkan heartburn, tapi Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan cara mengatur waktu dan porsi makan yang tepat sebelum tidur. Berikut tipsnya:

  1. Makan dengan porsi yang lebih kecil.
  2. Tidak berbaring selama 2-3 jam setelah makan karena dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.
  3. Makan dengan santai dan tidak terlalu cepat. Saat Anda makan dengan terburu-buru,
  4. Makan malam pada 2-3 jam sebelum tidur.
  5. Menghindari kebiasaan mengonsumsi camilan sebelum tidur.
  • Mengatur posisi tidur

Seperti makanan dan minuman, beberapa posisi tidur juga dapat memengaruhi sistem pencernaan dan memicu naiknya asam lambung pada malam hari. Oleh karena itu, cara mengatur posisi tidur berperan penting untuk mengatasi heartburn agar tidak mengganggu tidur Anda.

Cobalah berbaring dengan posisi menghadap kiri saat Anda hendak tidur. Anda juga perlu menjaga agar tubuh bagian atas lebih tinggi dari lambung. Ini disebabkan karena asam lambung lebih mudah naik apabila lambung dan kerongkongan berada pada tinggi yang sama.

Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan bantal khusus. Bantal yang Anda gunakan sebaiknya memiliki ketebalan 15-25 cm pada salah satu sisinya. Jangan menggantinya dengan bantal biasa, sebab bantal biasa hanya dapat meninggikan posisi kepala dan bukan tubuh Anda.

  • Menjalani kebiasaan sehat

Menjalani kebiasaan yang sehat adalah salah satu cara terpenting untuk mengatasi heartburn pada malam hari. Cara ini mencakup pola makan, gaya hidup, serta kebiasaan Anda sebelum tidur. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan di antaranya:

  1. Mengelola stres dengan baik, sebab stres dapat memicu naiknya asam lambung.
  2. Menjaga berat badan ideal.
  3. Menggunakan pakaian longgar untuk mengurangi tekanan pada perut.
  4. Mengunyah permen karet sebelum tidur untuk meningkatkan produksi air liur. AIr liur dapat menetralisasi asam lambung.
  5. Minum cukup air untuk melancarkan proses pencernaan.
  6. Menghindari kebiasaan merokok.

Selain menerapkan cara mengatasi heartburn secara mandiri, pemeriksaan ke dokter secara rutin juga berperan penting untuk menangani kondisi ini. Heartburn merupakan gejala umum dari berbagai masalah pencernaan, dan obat-obatan tertentu bisa memperparah keluhan Anda. Pemeriksaan oleh dokter bermanfaat agar Anda dapat memperoleh pengobatan berdasarkan masalah pencernaan yang Anda hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *