Perusahaan Huawei diblacklist Google

Perusahaan Huawei diblacklist Google Pada Tahun Ini

Perusahaan Huawei diblacklist Google – Produsen ponsel pintar Huawei harus menghadapi kenyataan pahit di awal pekan ini. Pasalnya pemerintah Amerika Serikat menyatakan larangan perusahaan Amerika untuk berbisnis dengan Huawei. Google dikabarkan menarik layanan android dari gawai Huawei model terbaru seperti P30, P30 Pro, Mate 20 seterusnya.

Larangan ini datang sebagai tindak lanjut perintah Presiden Donald Trump. Pasalnya Trump merasa Huawei termasuk perusahaan yang terlibat konspirasi perdagangan dengan Iran.

Perusahaan Huawei diblacklist Google

Menurut laporan Bloomberg, kini Intel, Qualcomm dan Broadcom juga melakukan blacklist pada Huawei. Tiga perusahaan ini adalah penyedia dan desainer chip perangkat Huawei. Bahkan Infineon Technologies, penyedia chio dari Jerman pun melakukan hal yang sama.

Produk Huawei memang tak semata ponsel pintar. Mereka juga menyediakan laptop, tablet, aksesoris, serta smartwatch. Pemutusan suply chip ini tentu akan menjadi masalah dalam produksi Huawei.

Para penyedia chip ponsel pintar ini mengikuti jejak Google. Namun black-list ini tak selalu berakibat buruk. Dengan adanya hal ini pihak Huawei mau tak mau dipaksa mengembangkan teknologi mereka sendiri. Bukan tak mungkin bila nanti Huawei bisa kembali merajai dengan software dan chip yang lebih menarik pasar.

Persaingan Dagang?

Dilansir dari The Verge, Huawei sebenarnya telah mengembahkan sistem alternatif selain Android dan Windows. Pengembangan ini telah disiapkan untuk menghadapi situasi yang kini mereka alami. Meski demikian Microsoft hingga saat ini belum menyatakan akan menarik layanan mereka dari laptop Huawei. Namun dapat dipastikan mereka akan mematuhi perintah dari Pemerintah Amerika.

Larangan ini jelas merugikan Huawei, pasalnya produsen ponsel satu ini baru saja berhasil memasuki pasar Amerika Serikat. Ketegangan yang terjadi saat ini juga bagian dari persaingan perdagangan yang makin tak kondusif antara China dan Trump.

Artinya, para pengguna Huawei nantinya tak akan lagi bisa mengakses beberapa fitur dan aplikasi vital seperti Google Play Store, Gmail dan sejenisnya. Kebijakan ini dikeluarkan untuk versi smartphone yang akan datang, seperti P30, P30 Pro, Mate 20 seterusnya.

Nah jika kalian sudah terlanjur punya smartphone Huawei, jangan khawatir karena kalian masih bisa menggunakan fitur-fitur tersebut. Hanya saja, kalian tak akan bisa mengupdate-nya dengan versi-versi terbaru nantinya.

Alasan Perusahaan Huawei diblacklist Google

Mengingat Huawei merupakan salah satu perusahaan Smartphone terbesar untuk saat ini. Penjualan produknya disebut-sebut mengalahkan Samsung, Sony dan juga beberapa brand populer lainnya di seluruh dunia.

Alasannya, Huawei diduga terlibat dalam konspirasi perdagangan dengan Iran. dan Google yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Amerika pun akhirnya dengan berat hati harus mencabut lisensi Android mereka dari Huawei.

Respon Pihak Huawei

Pihak Huawei sendiri sepertinya menanggapi hal ini dengan santai. Pada sebuah interview dengan media Jepang, Ren, CEO dari Huawei mengatakan jika masalah ini tak akan berpengaruh banyak pada pertumbuhan ekonomi perusahaan mereka.
“Pertumbuhan Huawei mungkin akan jadi lambat di Amerika karena batasan ini. Tapi cuma sedikit saja,” ujar Ren, seperti dilansir dari situs
Cialisonlinegaq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *